Lima Penyebab Menurunnya Imunitas

Lima Penyebab Menurunnya Imunitas

Mengapa seseorang bisa lebih mudah sakit? Mungkin karena ia mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lain yang dapat menimbulkan penyakit. Untuk itulah kita penting mempunyai sistem imun yang baik. Karena, jika sistem imun lemah, tubuh takkan dapat mempertahankan diri. Dan beberapa faktor yang dapat menurunkan sistem imun itu adalah seperti berikut ini.

1, Sering begadang

Saat sedang tidur sel-sel dalam darah yang melawan infeksi bekerja untuk menjaga tubuh. Jadi, kurang tidur bisa membuat tubuh tak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit.

2. Stres

Seseorang yang mengalami stres cendrung meraskan gejala sakit kepala, sakit dada, gelisah, dan tegang. Jika sudah mengalami gejala tersebut, sistem kekebalan tubuhnya harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan.

3. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena air berperan dalam membantu transportasi nutrisi dan mineral ke dalam sel. Tak hanya itu. Air juga dibutuhkan untuk menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan agar tetap lembap, untuk menghindari serangan penyakit.

4. Merokok

Seperti diketahui, asap rokok yang terhirup sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin hilangkan kebiasaan buruk ini.

5. Kurangnya asupan nutrisi

Dengan kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan, tubuh akan lebih mudah sakit. Beberapa nutrisi yang diperlukan itu adalah vitamin, zinc, asam lemak omega-3, dan karotenoid.

Beberapa faktor tersebut mungkin sering disepelekan. Namun, jika hal itu sudah jadi kebiasaan, tubuh akan mudah sakit. Lalu, adakah cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh? Banyak. Salah satunya adalah mengonsumsi minuman kesehatan. Misalnya Gentong Mas.

Gentong Mas adalah minuman alami dengan kandungan nutrisi bermutu. Bahan utamanya gula aren dan habbatussauda, yang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Gula aren memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3, dan vitamin C. Karena itu, ia sangat baik untuk membantu penormalan metabolisme dan peningkatan sistem imum. Kandungan habbatussauda berfungsi sebagai antibakteri, dan dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit seperti kolesterol, asam urat, diabetes, dan hipertensi.

Leave a Reply