Bisakah Alergi Kulit Diatasi dengan Gentong Mas?

Penyakit yang disebabkan oleh alergi disebut penyakit intermiten. Artinya, penyakit itu muncul sebentar-sebentar. Salah satu alergi yang sering dialami orang Indonesia adalah alergi kulit. Dan, 30-50% risiko kena alergi disebabkan faktor keturunan. Pemicunya adalah kontak tubuh dengan pecetus alergi. Untuk alergi kulit, beberapa pemicunya adalah obat oles, produk kosmetik, deodoran, sabun, logam, pembersih lantai, semprotan serangga, udara dingin, makanan tertentu, dan obat tertentu. Jumlah penderitanya di zaman kini lebih banyak dibanding di masa lalu. Pola makan yang berubah diduga jadi pemicunya. Sebab, makanan sekarang banyak menggunakan zat aditif. Juga faktor zat pembersih rumah tangga.

Jika memiliki alergi, dalam hitungan menit penderita bisa mengalami gejalanya ketika ia bersentuhan dengan pemicunya. Namun, bisa juga timbul 1-2 hari setelah terpapar pemicu. Beberapa gejala itu adalah gatal-gatal pada kulit, kulit panas, dan warna kulit memerah. Pada beberapa kasus, alergi dapat menimbulkan reaksi yang fatal atau anafilaksis. Walau jarang terjadi, kita tetap perlu waspada terhadap reaksi ini. Selain kulit memerah, anafilaksis dapat menyebabkan sesak napas, kram perut, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan dan mulut, serta kehilangan kesadaran. Jika tak segera ditangani, ia bisa saja mengakibatkan kematian.

Jika Anda memiliki alergi, cari tahu penyebabnya lalu hindari bersentuhan dengan alergennya itu. Ada beberapa cara untuk mengurangi gejalanya atau menghindari kumatnya alergi kulit. Pertama, gunakan krim lotion yang dapat mengurangi gatal. Kedua, gunakan pakaian yang longgar dan lembut, karena pakaian ketat dapat memperburuk ruam pada kulit. Ketiga, mandi dengan air dingin, lalu keringkan badan dengan handuk yang bersih untuk mengurangi ruam pada kulit. Keempat, konsumsi minuman kesehatan yang kaya antioksidan. Misalnya Gentong Mas.

Gentong Mas adalah minuman herbal dengan kandungan nutrisi bermutu. Bahan utamanya gula aren dan habbatussauda, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Gula aren mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3, dan vitamin C. Dalam mengatasi alergi kulit, vitamin C ampuh untuk mencegah sel-sel tubuh memproduksi histamin. Histamin merupakan zat alami yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh saat Anda terpapar alergen. Sedangkan habbatussauda berfungsi sebagai antibakteri dan dipercaya dapat meningkatkan imunitas, sehigga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply